Kerusakan Laptop HP Mini Tidak Bisa Shutdown

hp-mini-tidak-bisa-shutdown
Laptop HP mini tidak bisa shutdown akan sangat menjengkelkan dikala ada banyak tugas kantor ataupun sekolah. Yang kali ini saya contohkan yakni sebuah kasuh pada laptop hp mini 210. Dimana terjadi kerusakan dengan gejala muncul blue screen ketika shutdown. Padahal sudah dicoba untuk melakukan instal ulang. Dimana pada layar biru tersebut terdapat pesan :
hardware malfunction

call your hardware vendor for support
NMI : paruty check / memory parity error
***the system has halted*** 

Pada masalah tersebut awalnya saya menduga bahwa RAM bermasalah, namun setelah saya ganti memori tersebut, masalah masih belum terselesaikan. Akhirnya kecurigaan saya tertuju pada hardisk. 

Ada banyak sekali sektor di dalam hdd. pabila ada satu saja kesalahan atau kerusakan, maka hal ini akan bisa berpengaruh terhadap sistem operasi yang terinstal.

Langkah untuk memperbaiki bad sektor bisa anda lakukan sendiri dengan mudah, asalkan punya keinginan yang kuat untuk melakukannya. Dan pada sesi ini ada beberapa perlengkapan yang perlu untuk anda persiapkan. Yaitu kumpulan beberapa software yang tersimpan dalam sebuah tool yang bernama "hirenboot cd". Anda bisa download aplikasi tersebut. Banyak di google kok.

Hirenboot cd merupakan kumpulan banyak software yang bisa digunakan untuk sarana perbaikan komputer, baik untuk testing ataupun untuk repair. 

Yang kali ini saya contohkan yakni sebuah kasuh pada laptop hp mini 210. Dimana terjadi kerusakan dengan gejala muncul blue screen ketika shutdown. Dimana pada layar biru tersebut terdapat pesan :
hardware malfunction

call your hardware vendor for support
NMI : paruty check / memory parity error
***the system has halted*** 

Pada masalah tersebut awalnya saya menduga bahwa RAM bermasalah, namun setelah saya ganti memori tersebut, masalah masih belum terselesaikan. Akhirnya kecurigaan saya tertuju pada hardisk. 

Dengan bantuan hirenboot cd coba dilakukan pengecekan kondisi hardisk. 
- Kali ini software yang saya gunakan masih tetap di dalam hirenboot. caranya : masuk ke mini windows xp - lalu pilih system informatin - lalu HD Tune.
- Setelah muncul tampilan, anda pilih tab "error scan", kemudian pilih start (gunakan metode slow, dengan cara jangan mencentang kotak "quick" di bawah tombol start.
- Tunggu prosesnya hingga selesai dan ini memakan waktu cukup lama, tergantung kapasitas hardisk yang dicek.

Jika pada hasil test menunjukkan kotak hijau semua, berarti hardisk dalam kondisi baik. Namun pada laptop saya, terdapat beberapa kotak dengan warna merah yang tersebar. Ini menunjukkan ada bad sektor pada hardisk.

Kemudian langkah selanjutnya yaitu memperbaiki bad sektor dengan software yang masih berada di dalam Hirenboot cd. Yaitu HDD regenerator. 

Apabila dengan menggunkan hdd regenerator masih belum menyelesaikan masalah, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan LOW LEvel Format. Tentu saja software ini masih di dalam hirenboot cd.

Low level format mempunyai cara kerja untuk memulihkan dan menata ulang sebuah hdd persis seperti hardisk yang baru pertama kali dibeli.

Pada kasus yang saya alami ii, dengan menggunakan low level format, masalah bisa teratasi.Waktu yang diperlukan untuk hardisk saya dengan kapasitas 160 GB adalah sekitar 1 jam. Cukup lama kan! Namun hasinya sangat memuaskan. Hardisk saya kembali normal.

Sekian pengalaman saya tentang masalah hp mini yang tidak bisa shutdown. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kerusakan Laptop HP Mini Tidak Bisa Shutdown"

Posting Komentar

Welcome In My Blog