Bagian - Bagian Pada Laptop Dan Fungsinya

Secara sederhana, laptop bisa didefinisikan sebagai sebuah unit komputer atau PC yang dipadatkan. Pemadatan tersebut bisa mencapai sepuluh kali lipat lebih kecil. Jadi bagian-bagian pada laptop mempunyai fungsi yang sama persis dengan CPU komputer, hanya saja didesain lebih sederhana dan terbungkus oleh casing yang lebih ringkas sehingga lebih mudah untuk dipindahkan (portable).Bagian-bagian pada laptop dan fungsinya adalah sebagi berikut :

LCD
Fungsi utamanya adalah sebagai penampil hasil proses data atau program yang sedang dijalankan. Dengan menggunakan indera mata secara langsung, kita bisa memonitor apa yang sedang kita lakukan.

Motherboard
Mempunyai istilah keren mainboard atau ada juga yang menamakan mobo yang berfungsi untuk meletakkan peripheral utama seperti processor, chipset,  sound card, VGA card, port-port untuk eksternal tambahan seperti mouse dan keyboard.

Processor
Merupakan pusat pengolah data pada laptop. Semua kegiatan akan diproses oleh perangkat ini. Spesifikasinya sangat menentukan cepat tidaknya data diproses. Mqkin besar speknya makin cepat pula data terproses.

RAM
RAM adalah memori utama yang berfungsi untuk menyimpan sementara program atau data yang sedang berjalan. Kapasitas dari perangkat ini juga sangat mempengaruhi kecepatan akses data. Makin tinggi nilai GHz nya,  semakin baik performanya.

Hardrive
Istilah lainnya adalah hardisk berguna untuk menyimpan data atau program hasil proses untuk disimpan secara permanen, sehingga bisa digunakan lagi diwatu lain. Ditempat ini juga sistem operasi misalnya windows alau linuk disimpan, sehingga peranannya sangat penting.

LCD
Merupakan sebuah peripheral yang mempunyai fungsi untuk menampilkan hasil perintah dari dan oleh user. Jika pada sebuah unit PC sama dengan monitor. Tetapi, mempunyai struktur desain yang lebih minimalis.

DVD player
Adalah peripheral yang diletakkan pada slot motherboard yang berfungsi untuk membaca sebuah file ISO yang tersimpan dalam sebuah kepingan disk.

Wireless card
Fungsinya sebagai penangkap sinyal tanpa menggunakan kabel. Misalnya untuk koneksi ke internet.

Sekian dulu postingan dari saya tentang bagian-bagian pada laptop dan fungsinya. Mudah-mudahan bisa bermanfat bagi anda semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagian - Bagian Pada Laptop Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Welcome In My Blog