Fungsi Utama Hardisk



Kita semua pasti tahu betapa pentingnya keberadaan satu hardware komputer ini. Tetapi  masih banyak juga yang belum mengetahui fungsinya. Tapi jangan kuwatir karena kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang fungsi utama dari hardisk.

Hardisk atau biasa disimbolkan dengan HDD, dimana komponen ini mempunyai fungsi utama sebagai media penyimpan file atau data secara permanen dalam seperangkat CPU. Data yang disimpan bisa berupa dokumen atau bisa juga berupa program.Program yang yang dimaksud terdiri dari sistem operasi baik itu windows, linux atau machintos. Dan juga berfungsi sebagai penyimpan software aplikasi pendukung.

Karena fungsi tersebut, hdd mempunyai peranan yang sangat penting. Jika bagian ini mengalami kerusakan maka akibat paling fatal adalah semua data yang tersimpan bisa hilang. Maka dari itu sebagai antisipasi tidak ada salahnya jika kita membuat back up data secara rutin (ini untuk file pribadi). Dengan tujuan misalnya jika ada masalah bad sector tidak lagi kuatir. 

Oh iya diatas tadi ada istilah bad sector. Maksud dari bad sector adalah adanya kerusakan pada bagian terkecil dalam sebuah hardisk, sehingga kemungkinan besar data di dalamnya tidak bisa terbaca. 

Berdasarkan koneksinya, hdd dibedakan menjadi 2 bagian :

  1. IDE. Merupakan generasi awal yang menggunakan kabel penghubung jenis IDE ke motherboard. Kabel ini mempunyai jumlah yang lebih banyak. 
  2. SATA. Merupakan generasi terbaru saat ini. Untuk penghubung ke motherboard menggunakan kabel jemis sata. Keunggulannya adalah mempunyai daya transfer data yang lebih cepat dibanding jenis IDE.

Oke, sekian dulu artikel tentang fungsi utama hardisk, saya harap artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi Utama Hardisk"

Posting Komentar

Welcome In My Blog